Selasa, 31 Maret 2009

Sekilas Fitur Nokia E63 Smartphone

Lihat Gambar



Nokia melepas E63 ini sebagai versi budget dari Nokia E71 meski sebenarnya harganya tak terlalu murah juga. Tapi paling tidak ada beberapa 'penyesuaian' yang dilakukan Nokia untuk menurunkan harga jual dari ponsel cerdas yang tampilannya mirip BlackBerry ini.

Nokia E63

'Penyesuaian' pertama yang terlihat adalah digantinya battery cover yang semula dibuat dari logam dengan plastik. Untungnya, plastik yang digunakan masih cukup kokoh dan tak terlalu menurunkan kesan eksklusif yang disandang E71. Nilai plusnya, casing bagian belakang ini dibungkus finishing mirip karet sehingga mampu mengurangi resiko selip saat digenggam.

Salah satu poin plus dari ponsel ini adalah kualitas keypad-nya yang bagus. Jangan membandingkan dengan keypad BlackBerry, karena jelas dua smartphone ini tak sebanding. Namun dengan konstruksi cembung setidaknya resiko tombol lain ikut kepencet waktu mengoperasikan keypad ini jadi berkurang. Apalagi dengan ukuran masing-masing tombol yang cukup besar.

Nokia E63

Yang cukup membantu, Nokia memberikan akses ke beberapa tombol penting seperti tanda tanya, titik, dan @ tanpa harus menekan tombol lain sehingga cukup melegakan buat mereka yang bermaksud menggunakan ponsel cerdas ini sebagai sarana pembantu pekerjaan seperti membuat dokumen atau mengirim email. Ini masih ditambah lagi dengan deretan beberapa tombol di antara keypad dan layar yang juga nyaman dioperasikan.

Sedikit lebih ke atas, layar ponsel cerdas ini menggunakan TFT active matrix berukuran 2,36 inci dengan resolusi 320 x 240 pixel. Meski spesifikasi ini bukanlah yang tertinggi untuk kelas smarphone keluaran terakhir namun setidaknya tampilan teks dan gambar pada layar ini masih tergolong tajam dan cerah bahkan saat digunakan di bawah terik sinar matahari.

Nokia E63

Penyesuaian lain yang dilakukan oleh Nokia termasuk pada kameranya yang hanya menggunakan kamera 2 megapixel. Fitur HSDPA juga dihilangkan dan konsumen harus puas dengan UMTS sementara GPS yang mulai jadi fitur standar juga tak terlihat pada Nokia E63 ini. Tapi yang menarik justru adalah daya tahan baterainya yang sanggup mencapai hingga tiga atau empat hari.

Singkatnya, meski versi ini sudah mengalami berbagai pengurangan, namun E63 ini masih cukup menarik buat dimiliki. Trusted Reviews yang sempat menguji E63 ini memberikan nilai 8 untuk produk yang dijual dengan harga 200 Poundsterling atau sekitar Rp.3,5 juta ini. Situs ini hanya kecewa dengan fitur-fiturnya yang banyak berubah dari E71.

Spesifikasi:

Network:GSM 850/ 900/ 1800/ 1900, UMTS 900/ 2100
Data:GPRS Class 32, HSCSD, EDGE Class 32, 3G 384 kbps
Sistem Operasi:Symbian OS 9.2, Series 60 v3.1 UI
Layar:2.36 inches TFT (320 x 240 pixel)
Kamera:2 megapixel
Multimedia:MP3/AAC/MPEG4 player
Memory:120 MB + microSD slot
Connectivity:Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth, USB
Dimensi:113 x 59 x 13 mm
Fitur Lain:Push to talk, Voice command/dial, Organizer, Printing
Situs Resmi:www.nokia.co.uk
(trv/roc)

Lihat Galeri Foto:

Nokia E63Nokia E63Nokia E63

Lihat produk lain sejenis:

HP iPAQ Data MessengerPalm Treo ProBlackBerry Storm

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP