Kamis, 14 Agustus 2008

Duet Gila - mutu

Mutu-Gila, Duet 10-11
Andi Abdullah Sururi - detiksport


Mutu (AFP), Gilardino (Reuters)
Firenze - Cesare Prandelli sudah punya duet penyerang baru untuk menjalani kompetisi musim ini. Yang satu adalah pemain yang berhasil dijaga dari incaran klub lain; satunya lagi yang sukses digaet dari klub lain.

Pemain yang dimaksud adalah Adrian Mutu dan Alberti Gilardino. Seperti diketahui, Mutu sudah nyaris pindah ke AS Roma sebelum manajemen La Viola memutuskan tak rela melepas bomber mautnya itu. Sedangkan Gilardino dibawa ke Artemio Franchi setelah tak terpakai lagi di AC Milan.

Kedua pemain ini langsung nyetel di pertandingan resmi pertama timnya musim ini. Menghadapi Slavia Praha di kandang sendiri, Rabu (13/8/2008) dinihari WIB, dalam leg I babak kualifikasi putaran III Liga Champions, mereka mencetak satu gol untuk memenangkan Fiorentina dengan skor 2-0.

Soal Mutu yang tajam sudah tak diragukan lagi. Musim lalu ia menjadi top skorer klubnya di Seri A dengan 17 gol. Total, dari 35 pertandingan di semua kompetisi ia menyarangkan 23 gol ke gawang tim-tim lawan.

Yang menjadi sorotan baru tentu saja Gilardino. Penyerang kelahiran 5 Juli 1982 itu, yang biasa disapa 'Gila', telah memberi kesan pertama yang bagus. Gol semalam memberi angin segar bahwa ia akan bisa merajut kesuksesan lagi.

Selama tiga musim berseragam Rossoneri, performa Gila terus turun. Celakanya, ukuran kesuksesan seorang penyerang adalah jumlah gol. Di musim lalu ia hanya mencetak tujuh gol di Seri A, menurun dibanding dua musim pertamanya di San Siro, di mana ia mengukir 17 dan 12 di kompetisi domestik.

Tapi Milan sudah menjadi masa lalu buat mantan penyerang Piacenza, Verona, dan Parma itu. Kini fokus Gila tentu saja bersama Fiorentina, khususnya dengan Mutu. Pelatih Prandelli boleh jadi akan menomorsatukan duet ini sebagai starter, setelah musim lalu Giampaolo Pazzini tampil bagus pula sebagai tandem Mutu -- sesekali juga dengan Christian Vieri.

"Tak ada keraguan dari seorang Gilardino. Dia profesional yang hebat yang selalu memburu gol," puji Prandelli setelah pemain barunya itu mempersembahkan gol pertamanya buat 'Si Ungu'.

Mutu, yang dulu pernah berjaya pula saat berduet dengan Adriano, tetap mengenakan kostum nomor 10, sedangkan partner terdekatnya dalam hal posisi, Gilardino, diberi nomor seragam yang dekat pula dengan dirinya: 11. Ini adalah sebuah reuni karena mereka pernah berduet saat masih sama-sama membela Gialloblu alias Parma.

Waktu akan menjawab seberapa hebat mereka di kesempatan kedua berduet ini.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP